Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

  • Edukasi
  • August 19, 2021
  • No Comment
  • 29
  • 6 minutes read

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan banyak pilihan dan kesempatan yang akan kamu temui dalam berbagai hal. Apakah mau menjadi mahasiswa yang fokus akademik? Fokus organisasi dan membangun relasi? Fokus membangun bisnis? Atau mau menjadi mahasiswa berprestasi?

Tentunya setiap pilihan memiliki konsekuensinya masing-masing. Kamu harus bekerja keras dan belajar banyak hal serta menambah banyak relasi. Nah, pada umumnya banyak mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa berprestasi di kampusnya, bahkan kalau bisa menjadi mahasiswa berprestasi tingkat nasional!

Mengapa banyak mahasiswa ingin menjadi mahasiswa berprestasi? Salah satu alasannya adalah ingin membuat orang tuanya bangga. Ya, sudah jauh-jauh merantau ke tempat jauh untuk melanjutkan pendidikan, maka nanti ketika pulang ke kampung halaman harus ada sesuatu yang bisa dibanggakan dong.

Lantas, bagaimana cara menjadi mahasiswa berprestasi kebanggaan orang tua? Simak beberapa tips di bawah ini ya!

1. Komitmen Tinggi dalam Bidang Akademik

Sumber: www.pikiran-rakyat.com

Hal pertama yang pastinya dimiliki mahasiswa berprestasi adalah prestasi di bidang akademik atau memiliki nilai yang bagus dalam berbagai mata kuliah.

Tentunya untuk mencapainya diperlukan komitmen yang tinggi dalam belajar dan menguasai berbagai ilmu yang diajarkan dosen selama kuliah.

Kamu harus bisa mempertahankan IPK setinggi-tingginya dan stabil. IPK akan menjadi salah satu penentu ketika proses seleksi  yaitu pada tahap seleksi akademik.

Selain memiliki nilai IPK yang tinggi, jangan lupa mengikuti berbagai lomba dan seminar tentang karya tulis ilmiah ya. Prestasi dalam berbagai lomba dan seminar juga bisa menjadi salah satu penilaian dalam bidang akademik.

2. Tingkatkan Softskill

Communication and Public Speaking
Sumber: oretzz.com

Kamu juga harus memiliki bayak softskill untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Beberapa softskill yang harus kamu tingkatkan selama masa kuliah, seperti public speaking, kerja sama, teknik berdiskusi, dan lain sebagainya.

3. Aktif dalam Organisasi

Sumber: anakuntad.com

Mahasiswa berprestasi bukan hanya fokus di bidang akademik, tetapi juga harus aktif di bidang akademik seperti organisasi. Kamu harus bergabung dalam organisasi-organisasi yang ada di kampus.

Tidak harus semua organisasi kamu ikuti. Lebih baik kamu mengikuti sedikit organisasi dan fokus dalam organisasi itu. Usahakan kamu menjadi salah satu pemimpin atau ketua dalam organisasi atau kepanitiaan acara yang diselesnggarakan dalam organisasi yang kamu ikuti.

4. Membangun Relasi yang Luas

Sumber: ruangmahasiswa.com

Relasi atau hubungan dengan orang lain harus kamu bangun seluas-luasnya. Kamu bisa membangun relasi dengan mengikuti organisasi dan berbagai kegiatan di kampus.

Jangan sampai lewatkan kesempatan jika ada kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa antar kampus ya! Kegiatan ini sangat penting untuk membangun relasi dengan mahasiswa lain di luar kampus kamu.

Selain membangun relasi dengan teman seangkatan, pastikan kamu membangun relasi dengan kakak –kakak tingkat ya. Cari juga mahasiswa berprestasi yang sudah senior dan minta dia menjadi mentor kamu.

Tak lupa, bangun relasi juga dengan dosen-dosen ya agar kamu mudah untuk berdiskusi tentang apapaun dengan dosen.

5. Harus Memiliki Attitute yang Baik

Good Attitute
Sumber: laurierwriting.wordpress.com

Mahasiswa berprestasi juga harus memiliki attitude atau sikap yang baik. Ya, karena setinggi apapun prestasi seseorang, tetapi memiliki sikap yang buruk, tentu saja akan percuma.

Atttitute yang baik dapat membantu kamu menjadi orang yang disukai banyak orang dan tentunya bermanfaat bagi banyak orang.

Kamu harus melatih sikap disiplin, tanggungjawab, ramah, baik hari, rendah hati, suka menolong, dan lain sebagainya.

 

Nah, itu dia beberapa tips menjadi mahasiswa berprestasi agar bisa menjadi kebanggaan orang tua kamu di kampung halaman.

Bagaimana? Sudah siap menjadi mahasiswa berprestasi? Yuk berjuang mulai dari saat ini! Semangat!

Related post

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga…
Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Sumber : www.turkishairlines.com Ukraina merupakan salah satu negara yang terbesar di Eropa. Tak heran , hal ini menjadikan Ukraina sebagai salah…
Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi…

Leave a Reply