Tips Menabung Uang Sejak Dini Untuk Masa Depan Cerah

Tips Menabung Uang Sejak Dini Untuk Masa Depan Cerah

Menjadi anak kos tentunya harus pintar pintar dalam mengurus keuangan karena uang kita yang terbatas.Jika kita tidak bijak dalam merencanakan penggunaan uang kita maka kita bisa kelabakan di akhir bulan atau pada saat ada keadaan mendesak.Untuk menanganinya kita dapat mempraktikkan salah satu money management yang sudah sejak lama dikenal efektif yaitu menabung.Menabung adalah kegiatan menyisihkan dan mengumpulkan sebagian uang untuk berjaga jaga pada keadaan darurat atau untuk tujuan tertentu dimasa mendatang.Berbagai pakar keuangan mengatakan bahwa menabung merupakan salah satu cara yang paling mudah dan efektif dalam menjamin masa depan anda.Mereka juga berkata semakin awal anda mulai menabung maka semakin besar pula peluang anda untuk dapat sukses dalam memanajemen keuangan anda.

Kita sudah diajarkan menabung sejak dari kecil,namun kenyataanya menabung bisa sangat sulit dilakukan jika kita tidak konsisten dan melakukanya dengan cara yang benar.Dalam memanajemen keuangan sebenarnya yang paling dibutuhkan adalah kebiasaan dan menabung bisa menjadi pondasi anda untuk memulai memanajemen keuangan dengan benar, untuk melengkapi pengetahuan tentang menabung berikut ada beberapa tips & trik untuk menabung yang sudah kita rangkum dari beberapa sumber.

 

Buat Tempat Atau Rekening Terpisah

Sumber: unsplash.com

Ketika kita menabung berarti kita dengan sengaja menyisihkan uang untuk disimpan sebagai uang dingin yang tidak boleh kita apa apain kecuali untuk tujuan menabung tersebut.Oleh karena itu penting untuk menabung uang tersebut pada tempat atau rekening khusus.Hal ini untuk mengurangi resiko terpakainya uang,dengan wadah yang terpisah saldo kita tidak nampak besar sehingga tidak akan menggoda untuk dibelanjakan. 

 

Segera Lunasi Hutang Yang Ada

Hutang
Sumber: unsplash.com

Langkah selanjutnya adalah untuk segera melunasi hutang yang ada, ini supaya kita lebih bisa fokus menabung dan uang yang kita tabungkan juga akan semakin banyak.Kita bisa menggunakan “Snowball Debt Method” sebagai cara melunasi hutang hutang yang ada yaitu dengan memprioritaskan hutang yang ringan terlebih dahulu supaya kita mempunyai momentum dan motivasi dalam melunasi hutang yang besar.

 

Menetapkan Tujuan Dan Target Menabung

Tujuan Menabung
Sumber: unsplash.com

Kita tidak bisa mengenai target jika tidak ada target yang disiapkan untuk ditembak.Sama seperti menabung kita tidak akan bisa menabung secara maksimal jika tidak membuat target yang jelas.Buat target tertulis dengan detail seperti jangka waktu dan manfaatnya.Ini akan membuat kita semakin termotivasi dalam menabung jika mengingat untuk apa kita menabung.

 

Gunakan Sistem Menabung otomatis

Menabung Otomatis di ATM
Sumber: unsplash.com

Dengan perkembangan zaman seperti ini menabung bisa menjadi lebih mudah, banyak bank yang sudah mempunyai sistem menabung otomatis dimana setiap bulan kita bisa menset berapa jumlah uang yang akan kita tabung setiap kita menerima income atau gaji dan akan secara otomatis masuk ke rekening tabungan kita.Hal ini sangat bermanfaat karena dapat mengurangi resiko belanja berlebihan disaat menerima gaji.

 

Kumpulkan Uang Receh Hasil Dari Kembalian

Uang Receh
Sumber: unsplash.com

Uang receh contohnya hasil dari kembalian biasanya kita anggap remeh dan tidak kita hitung lalu kemudian kita simpan sembarangan seperti di saku atau di dompet.Namun, jika kita rawat dan kumpulkan jumlahnya akan menjadi cukup banyak.Hasil dari mengumpulkan recehan dapat digunakan untuk tunjangan sehari hari sehingga pengeluaran bisa lebih hemat.Selain itu kita juga memanfaatkan uang recehan untuk sedekah dan amal

 

Menabung adalah salah satu bentuk dari manajemen keuangan yang menuntut kita untuk menyisihkan uang untuk disimpan untuk tujuan tertentu.Dalam menabung kita dituntut untuk dapat menahan diri dan konsisten dengan kita menabung sejak dini kita sudah mulai mencicil untuk masa depan kita.

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Sumber : www.turkishairlines.com Ukraina merupakan salah satu negara yang terbesar di Eropa. Tak heran , hal ini menjadikan Ukraina sebagai salah…
Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi…

Leave a Reply