Tips Belajar Mandiri di Tengah Pandemi

Tips Belajar Mandiri di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 yang kini masih terjadi di Indonesia mendorong banyak perubahan di kehidupan kita. Bukan hanya berpengaruh di sektor kesehatan, pandemi ini juga mempengaruhi sektor ekonomi, bahkan pendidikan. Pendidikan yang tadinya berlangsung tatap muka di sekolah atau kampus terpaksa dialihkan menjadi belajar mandiri di rumah. Tentunya dibutuhkan adaptasi untuk memulai kebiasaan baru ini.

Banyak siswa ataupun mahasiswa yang merasa bosan dan tidak betah ketika harus belajar mandiri di rumah. Namun, sebenarnya rasa bosan dan rasa tidak nyaman ini bisa diatasai lho!

Nah, bagaimana caranya agar belajar mandiri di rumah tetap menyenangkan dan terasa nyaman serta penuh semangat?

Ini di tips belajar mandiri di tengah pandemi yang perlu Anda terapkan!

1. Tumbuhkan Motivasi dari dalam Diri

Motivasi
Sumber: pergunu.or.id

Ketika Anda akan mulai belajar, Anda harus menumbuhkan motivasi dari dalam diri Anda. Motivasi ini akan membantu Anda untuk terus semangat mempelajari sesuatu.

Anda juga bisa memotivasi diri Anda dengan membaca dan mengucapkan kata-kata motivasi untuk diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa menuliskan tujuan atau alasan Anda belajar.

2. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Suasana-Nyaman
Sumber: www.harianhaluan.com

Tidak harus ada ruang belajar tersendiri di rumah, Anda bisa belajar di kamar atau ruang tamu rumah Anda. Buatlah suasana nyaman di ruang tempat Anda belajar.

Bagaimana caranya? Bersihkan ruangan tempat Anda belajar dan atur semua barang agar rapi dan enak dilihat.

Gunakan juga kursi yang nyaman agar Anda tidak cepat merasa lelah ketika belajar. Gunakan juga meja yang cukup luas untuk meletakkan buku dan peralatan belajar lainnya.

3. Siapkan Makanan atau Minuman Kesukaanmu

Makanan ringan
Sumber: pickybest.id

Nah ini juga salah satu tips belajar mandiri yang penting lho. Anda boleh menyiapkan makanan ringan, buah, dan minuman kesukaan Anda untuk tetap menjaga mood ketika belajar.

Belajar mandiri di rumah pasti akan terasa nyaman dan menyenangkan.

4. Mengatur Belajar dengan Baik

Mengatur-Jadwal
Sumber: penerbitdeepublish.com

Anda juga harus bisa mengatur atau membuat jadwal belajar dengan baik. Tentukan jadwal belajar dengan menggunakan skala prioritas. Pastikan Anda juga mengatur skala prioritas untuk mengerjakan tugas-tugas dari pengajar.

Jangan lupa Anda juga harus menyisipkan waktu istirahat di tengah-tengah proses belajar. Waktu istirahat yang cukup tentunya akan membuat Anda tidak cepat bosan ketika belajar.

5. Konsentrasi dan Disiplin Diri

Konsentrasi
Sumber: akuntansi.uma.ac.id

Meskipun belajar secara mandiri di rumah tanpa di pengawasan langsung dari guru/ dosen. Anda tetap harus konsentrasi dan disiplin terhadap diri Anda. Lakukan jadwal belajar yang sudah Anda buat dengan penuh tanggungjawab. Ini juga menjadi salah satu cara agar Anda belajar disiplin dan tanggungjawab terhadap diri Anda sendiri.

Konsentrasi juga sangat diperlukan ketika Anda belajar mandri di rumah. Anda bisa membuat ringkasan catatan apa yang Anda pelajari untuk membantu Anda berkonsentrasi.

Nah, itu dia beberapa tips belajar mandiri di tengah pandemi yang patut Anda coba. Sesulit apapun kondisi saat ini, semoga Anda tetap semangat untuk belajar demi masa depan Anda.

Oh ya, untuk Anda yang ingin belajar tentang dunia fotografi bisa langsung belajar dengan membaca artikel-artikel menarik di shootnesia.foresteract.com.

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga…
Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi…

Leave a Reply