Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

  • Lifestyle
  • August 17, 2021
  • 1 Comment
  • 215
  • 6 minutes read

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga rawan untuk para penjahat dalam melakukan aksinya. Para pelaku sering menyasar kamar kos karena sudah tahu kebanyakan kamar kos ditinggal saat siang dan pastinya banyak barang berharga milik mahasiswa seperti laptop dan barang elektronik lainya. Oleh karena itu kita harus pintar pintar dalam mencari kos dan mengakali celah celah yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat. Oleh karena berikut ada beberapa tips dalam menambah keamanan kos anda supaya dapat mengurangi kemungkinan  tindak kejahatan yang bisa terjadi.

 

1.Pilih Lokasi Strategis dan Aman

 

 

Sumber: unsplash.com

 

Jika anda baru mau memulai mencari kamar kos kosan pastikan tempat yang anda pilih strategis dalam keamanan. Strategis disini berarti tempat haruslah relatif aman dan tidak rawan tindak kejahatan. Hindarilah kos yang memiliki tempat yang gelap dan mencurigakan, jauhilah juga lokasi kos yang terlalu dekat dengan jalan umum yang sepi karena pelaku kriminal lebih sering mengincar tempat seperti itu karena akses yang mudah. Pilihlah tempat yang agak masuk pemukiman karena keamanan juga dibantu dengan warga sekitar, atau pilih kos yang punya fasilitas keamanan seperti satpam dan kamera CCTV. Pastikan juga menjalin hubungan yang baik dengan tetangga kos dan warga sekitar jadi mereka akan peduli dengan kos-kosan anda.

 

2.Gunakan Gembok Tambahan 

Sumber: unsplash.com

Tak ada salahnya menggunakan tambahan gembok pada kamar kost.Kamar kost pastinya sudah punya kunci utama namun, satu kunci saja bisa dengan mudah di bobol maling oleh karena itu punya beberapa gembok tambahan sangat penting dalam keamanan hal ini karena maling tidak mengincar kamar dengan gembok berlapis karena akan menyulitkan mereka dalam melakukan aksinya.

 

3.Hindari Menyembunyikan Kunci di Luar Kamar Kos

Sumber: unsplash.com

Kita sering malas membawa kunci kos dan menaruhnya saja di tempat tersembunyi di luar kamar kos seperti di ventilasi atau di bawah keset. Ternyata hal ini merupakan hal yang beresiko karena tempat yang kita pikir tersembunyi ternyata sudah diawasi pelaku kejahatan sebelumnya dan memanfaatkan kesempatan untuk berbuat tindak kriminal. Jika anda malas membawa kunci bisa titipkan pada orang terpercaya seperti pemilik kos atau rekan anda.

 

4.Selalu Kunci dan Tutup Gorden Jendela Sebelum Meninggalkan Kamar Kos

Sumber: unsplash.com

Jendela menjadi celah umum yang biasanya dimanfaatkan para pencuri karena kadang pemilik lupa mengunci dan tingkat keamanan kunci di jendela yang mudah dibobol. Untuk mengatasinya pastikan kunci rapat jendela dan tutup dengan gorden supaya pelaku kriminal tidak dapat melihat barang barang anda.Anda juga dapat memasang jeruji besi untuk menambah keamanan atau merawat tanaman berduri seperti kaktus di sekitar jendela.

 

5.Tidak Menaruh Barang Berharga di Kamar Kos

Sumber: www.wynnslocksmiths.com.au

Pastikan anda tidak menaruh barang berharga seperti uang dan perhiasan dengan jumlah yang banyak di dalam kos. Lebih baik anda simpan uang di bank dan perhiasan di rumah saja supaya lebih aman. Jika anda tetap menyimpan sesuatu di kamar kos saya sarankan untuk membeli brankas supaya lebih aman. Untuk barang elektronik seperti laptop sebaiknya anda bawa jika tidak terlalu berat atau anda bisa menyembunyikannya ke dalam lemari yang terkunci atau tempat lain yang aman.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa digunakan dalam menambah keamanan kos. Tetap waspada dan segera lapor jika ada orang asing yang mencurigakan berkeliling di sekitar lingkungan kos mu.

Related post

Cara sederhana mengolah kunyit sebagai obat

Cara sederhana mengolah kunyit sebagai obat

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.),  termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman…
Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
5 Ide Dekorasi Sederhana Untuk Memperindah Kamar Kos Mu

5 Ide Dekorasi Sederhana Untuk Memperindah Kamar Kos Mu

Bagi kalian mahasiswa atau pekerja yang ngekos pastinya kadang merasa bosan dengan tampilan kos yang begitu begitu saja.Sebagai tempat yang akan…

1 Comments

Leave a Reply