Tetap Produktif di Masa Pandemi Dengan “Time Management”

Tetap Produktif di Masa Pandemi Dengan “Time Management”

Hallo sobat rantau.Indonesia sudah dilanda wabah covid-19 selama hampir satu setengah tahun,selama itu juga kita melakukan aktivitas dari rumah.Walaupun terlihat mudah dan praktis ternyata kerja dan sekolah dari rumah bisa membuat kesulitan,karena perhatian dan fokus kita yang mudah teralihkan ketika dirumah dan keadaan di rumah yang nyaman membuat kita semakin bermalas malasan yang berujung pada menunda pekerjaan.Jadi bagaimana kita menanganinya? tenang kali ini kita akan membahas salah satu bentuk dari disiplin diri yang dapat membantu produktivitas yang namanya adalah “Time Management” atau pengaturan waktu.

Time Management adalah salah satu bentuk penerapan dari “self discipline” yang dimana kita mengatur dan  membagi  waktu untuk aktivitas tertentu yang khususnya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.Dalam Time management kita dituntut untuk dapat membagi waktu yang kita punya supaya semua aktivitas dapat terlaksana sehingga memudahkan pekerjaan kita.Seorang yang sukses dalam hidupnya biasanya sudah terbiasa mengatur waktu yang dia punya sehingga meminimalisir waktu yang terbuang sia sia.Pada masa pandemi seperti ini Time Management dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari karena terbukti dapat meningkatkan produktivitas kita,selain itu juga banyak manfaat lainnya yang kita dapatkan ketika menerapkan Time Management,antara lain:

-Meningkatkan produktivitas

-Belajar mengendalikan diri

-Melatih fokus

-Meningkatkan rasa percaya diri

-Mempunyai lebih banyak waktu luang

Untuk mendapatkan manfaatnya kita harus memulai terlebih dahulu untuk mengatur waktu kita,kita bisa memulai dengan membuat jadwal kegiatan harian atau membuat daftar pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan.Nah berikut ada beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam Time Management

1.Pilih Prioritas Aktivitas

Prioritas Time Management
Sumber: unsplash.com

Dalam Time Management prioritaskan aktivitas yang paling mendesak terlebih dahulu bisa berupa pekerjaan atau tugas bagi yang bersekolah karena itu merupakan tanggung jawab kita.Prioritaskan untuk mengerjakan tugas tersebut pada awal hari atau pada saat energi masih banyak karena biasanya aktivitas yang diprioritaskan akan membutuhkan energi yang banyak.

 

2.Buat Jadwal Tertulis

Jadwal
Sumber: unsplash.com

Meskipun anda bukan orang yang pelupa ada baiknya tetap membuat jadwal walaupun hanya berupa catatan kecil yang dapat kita lihat mudah dengan mudah.Jadwal akan berfungsi sebagai pengingat pada diri sendiri ketika kita mulai bermalas malasan atau menunda pekerjaan.Dengan melihat jadwal yang sudah kita buat kita menjadi tergerak untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang ada.

3.Kurangi Penggunaan Smartphone

Penggunaan Smartphone
Sumber: unsplash.com

Walaupun sangat berguna untuk komunikasi nyatanya smartphone dapat menjadi gangguan dalam meningkatkan produktivitas.Banyak aplikasi seperti media sosial yang membuat kita betah berlama lama menggunakan smartphone.Untuk mengatasinya kita bisa membatasi penggunaan smartphone dengan aplikasi pembatas penggunaan seperti Forest, Podomoro atau aplikasi serupa yang ada di playstore.Pada aplikasi tersebut kita dapat membatasi penggunaan smartphone atau aplikasi tertentu sesuai kebutuhan kita.

4.Buat Ruang Kerja Senyaman Mungkin

Ruang Kerja
Sumber: unsplash.com

Karena kita akan menghabiskan banyak waktu di ruang kerja maka ada baiknya jika kita membuat ruang kerja menjadi senyaman mungkin,pilih tempat yang terang dan mempunyai akses oksigen yang lancar, tata rapi meja anda supaya lebih mudah dalam mencari benda benda tertentu.Jika ada taruh jam kecil di meja anda supaya dapat melihat waktu tanpa harus berpindah tempat.

 

5.Jaga Kesehatan Tubuh

Makanan seh
Sumber: unsplash.com

Walaupun produktif itu penting menjaga kesehatan merupakan yang paling penting karena kita tidak bisa bekerja dalam keadaan sakit.Buat waktu untuk beristirahat selama beberapa menit,makan dengan teratur dan minum banyak air putih.

Time Management dapat menghasilkan banyak manfaat pada kita,kunci untuk sukses melakukannya adalah dengan melakukan dengan rutin sampai kita terbiasa.

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Sumber : www.turkishairlines.com Ukraina merupakan salah satu negara yang terbesar di Eropa. Tak heran , hal ini menjadikan Ukraina sebagai salah…
Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi…

Leave a Reply