Soft skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa Sebelum Lulus Kuliah

Soft skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa Sebelum Lulus Kuliah

Kuliah menjadi waktu yang tepat untuk mempelajari suatu bidang keilmuan yang lebih spesifik. Masa kuliah juga menjadi waktu bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum masuk ke dunia kerja yang lebih menantang. Selain mempelajari hard skill, mahasiswa tentunya juga dituntut untuk mempelajari soft skill.

Ya, soft skill yang dimiliki mahasiswa ketika lulus kuliah nanti akan sangat membantu mereka menemukan pekerjaan dan beradaptasi dengan lingkungan yang dipenuhi orang dewasa.

Lantas, apa saja soft skill yang harus mahasiswa miliki sebelum lulus kuliah? Simak sampai akhir ya informasi yang satu ini!

Comunication & Public Speaking

Communication and Public Speaking
Communication and Public Speaking (Sumber: oretzz.com)

Comunication dan public speaking merupakan soft skill utama yang harus dilatih dan dimiliki mahasiswa ketika duduk di bangku kuliah. Ketika seorang mahasiswa belajar komunikasi, maka ia juga harus belajar berkomunikasi di depan umum.

Kedua skill yang satu ini akan sangat membantu mahasiswa ketika terjun di dunia kerja. Ya, hal ini karena hampir semua pekerjaan pasti berhubungan dengan banyak orang.

Ketika ia ingin orang lain memahami proposal kerja, progress kerja, dan hasil kerjanya nanti, maka ia harus bisa menyampaikannya di depan banyak orang secara jelas atau mudah dimengerti, serta terstruktur. Oleh karena itu, komunikasi dan public speaking wajib dilatih para mahasiswa sejak mereka duduk di bangku kuliah.

Para mahasiswa dapat melatihnya dengan membiasakan diri berbicara di depan kelas ketika presentasi atau menyampaikan pendapat dan berbicara di depan masyarakat luas ketika KKN.

Leadership (Kepemimpinan)

Leadership
Leadership (Sumber: insanq.co.id)

Kepemimpinan atau leadearship tidak dapat dimiliki atau dikuasai dalam waktu yang relatif singkat. Soft skill yang satu ini harus dilatih sejak dini ketika duduk di bangku kuliah.

Para mahasiswa dapat melatihnya dengan mengikuti beragam organisasi yang ada di kampus. Cobalah memberanikan diri menjadi seorang pemimpin suatu organisasi atau kepanitiaan di kampus.

Ketika seseorang sudah membiasakan diri memimpin suatu tim kecil saat kuliah, besar kemungkinan nanti ia akan lebih mudah memimpin suatu tim project ketika bekerja. Seseorang yang memiliki skill leadership ini paling banyak dicari perusahaan-perusahaan besar di Indonesia lho.

Teamwork (Kerja Sama)

Teamwork
Teamwork (Sumber: morebusiness.com)

Selain mempu memimpin sebuah tim, seorang mahasiswa juga harus berlatih kerja sama dengan seluruh anggota tim. Ya, karena di dunia kerja nantinya akan banyak pekerjaan yang membutuhkan kerja sama tim yang kompak untuk menyelesaikan project.

Skill yang satu ini juga dapat dilatih sejak duduk di bangku kuliah dengan mengikuti berbagai organisasi.

Problem Solving (Mencari Solusi atau Memecahkan Masalah)

Problem Solving
Problem Solving (Sumber: faktualnews.co)

Skill yang satu ini juga tak kalah penting dengan soft skill lainnya. Para mahasiswa harus memiliki skill ini sebelum lulus kuliah dan memasuki dunia kerja.

Kemampuan menyelesaikan masalah dapat menunjukan seberapa kritis pemikiran seseorang terhadap suatu masalah yang terjadi.

Nah, untuk menyelesaikan masalah dengan tepat seseorang juga harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, kreatifitas, dan inovasi yang mendalam terhadap lingkungan sekitar.

Good Attitute (Sikap yang Baik)

Good Attitute
Good Attitute (Sumber: laurierwriting.wordpress.com)

Seseorang yang berprestasi dan memiliki banyak soft skill tentunya akan mudah mendapat pekerjaan ketika lulus kuliah nanti.

Namun, nyatanya ada beberapa mahasiswa berprestasi yang ditolak oleh perusahaan tempat ia melamar pekerjaan.

Sebenarnya terdapat beragam alasan, salah satunya adalah bad attitude atau perilaku yang buruk.

Ya, sebagus apapun nilai dan skill yang dimiliki sesorang tetap percuma jika tidak diimbangi dengan perilaku yang baik.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang mahasiswa untuk mempunyai dan membiasakan good attitude di mana pun ia berada.

Good attitude yang dimaksud di sini adalah kejujuran, sopan santun, tanggungjawab, rendah hati, ramah/ murah senyum, serta suka membantu orang lain.

Itu dia beberapa soft skill utama yang harus dilatih dan dimili seorang mahasiswa sebelum ia lulus kuliah. Selain kelima soft skill tersebut, para mahasiswa juga harus melatih soft skill lainnya, seperti manajemen waktu, skill menulis, skill penguasaan teknologi, manajemen keuangan, fotografi dan editing foto/ video serta skill lainnya.

Memiliki dan menguasai banyak soft skill selama masa kuliah akan sangat membantu para mahasiswa untuk berprestasi di dunia kampus dan memudahkannya beradaptasi ketika memasuki dunia pasca kampus.

Yuk, terus berlatih soft skill dengan tekun dan bersemangat!

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga…
Kenapa Mahasiswa Harus Bisa Bahasa Inggris? Ini Sebabnya

Kenapa Mahasiswa Harus Bisa Bahasa Inggris? Ini Sebabnya

Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk menguasai ilmu dan kemampuan yang kita pelajari berdasar jurusan kita,namun akhir akhir ini menguasai bahasa Inggris…

Leave a Reply