Penyebab dan Cara Merawat Rambut Keriting agar Tidak Kusut

Penyebab dan Cara Merawat Rambut Keriting agar Tidak Kusut

  • Kesehatan
  • August 15, 2021
  • No Comment
  • 13
  • 4 minutes read

Mempunyai rambut keriting memang membutuhkan perawatan yang extra dibandingakan dengan rambut biasa. Memiliki rambut keriting menjadi keunikan tersendiri. Namun banyak juga orang yang membeci rambut keritingnya. Berbagai cara dilakukan seperti meluruskanya dengan smooting.

Padahal ada beberapa cara merawat rambut keriting yang bisa dilakukan.Apabila dulu teman-teman pernah memiliki rambut yang lurus. Namun sekarang berubah menjadi rambut keriting. Ada beberapa sebab yang terjadi salah satunya adalah faktor hormone.

Tips Cara Merawat Rambut Keriting agar Tidak Berantakan

Sumber : mamaschoice.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rambut keriting tetap fresh dan sehat.

1. Jangan Terlalu Sering Berkeramas

Sampo dibuat untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Dengan cara membersihkan minyak yang berlebih di kepala. Namun apabila sampo digunakan setiap hari maka bisa menghilangkan minyak alami pada rambut. Sehingga membuat rambut menjadi rentan akan kekeringan.

Tingkat frekuensi mencuci rambut juga dipengaruhi dari polusi dan melakukan aktivitas yang bisa mengeluarkan keringat. Apabila merasa rambut kotor dan berminyak maka sudah saatnya untuk berkeramas.

2. Memiih Sampo yang Sesuai dengan Rambut

Sampo yang biasanya dijual di pasaran memiliki kandungan detergen yang berfungsi sebagia pembersih utama pada rambut. Agar rambut keriting tidak kusust ada baiknya untuk memilih sampo yang tidak mengandung detergen. Biasanya sampo yang tidak mengandung detergen terdapat tulisan bebas sulfat pada komposisinya.

3. Mengeringkan Rambut dengan Lembut

Mengosok-gosok rambut dengan handuk bisa membuat rambut menjadi kusut. Untuk itu apabila ingin mengeringkan dan mengsosk rambut alangkah lebih baik menggunakan kain kantun. Hal ini akan mencegah rambut menjadi kusut.

4. Menggunakan Pelembab (Conditioner)

Conditioner berfungsi untuk menjaga dan mengembalikan kelembapan rambut setelah menggunakan sampo. Gunakan conditioner yang mengandung viatamin E dan usahakan dari  batang sampai ujung rambut.

5. Menggunakan Hair Oil Sebelum Melakukan Keramas

Penggunaan hair oil pada rambut keriting setidaknya bisa mencegahnya menjadi  kusut. Hair oil akan membuat rambut menjadi lebih lembab dan mudah diatur. Waktu terbaik menggunakan hair oil ini adalah sebelum melakukan keramas.

Keuntungan mempunyai rambut keriting

Sumber : lifestyle.kompas.com

Memiliki rambut keriting juga mempunyai beberapa keuntungan yaitu:

1. Terlihat Lebih Segar

Rambut yang keriting akan membuat diri nampak terlihat lebih segar. Hal ini karena rambut keriting memiliki struktur yang tebal. Oleh sebab itu ini menjadi suatu hal yang perlu disyukuri.

2. Selalu Menonjol

Rambut keriting bisa menjadi salah satu ciri khas dari seseorang. Ciri khas ini akan membuat orang tersebut akan selalu diingat. Sehingga ini bisa menjadi salah satu factor yang membuat orang yang memiiki rambut keriting menjadi menonjol.

Tentu hal ini menjadi keuntungan sendiri karena apabila berada di tengah keramaian tentu orang-orang pasti akan mudah mengenalinya

3. Terlihat Lebih Kece Walau Berada di Cuaca Apapun

Karena rambut kriting memiliki volume dan bergelombang. Tentu apabila berada di cuaca apapun tetap terlihat seperti biasa. Hal ini menjadi  suatu keuntungan yang tidak dimiliki oleh orang yang berambut lurus.

4. Mudah ditata dan Dibentuk

Mau dibuat seperti apapun rambut keriting tetap bisa dilakukan. Selain itu juga rambut keriting tidak perlu ribet dalam menyisir atau menatanya. Karena sudah mengembang duluan.

Berikut tadi keuntungan dan cara merawat rambut keriting yang bisa diterapkan. Berbeda dari rambut pada umumnya rambut keriting memiliki keunikan sendiri. Hal ini tentu akan membuat orang menjadi lebih mudah untuk mengenali.

 

Related post

Leave a Reply