Pekerjaan Sampingan Mahasiswa, Bantu Menghasilkan Uang

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa, Bantu Menghasilkan Uang

Tugas utama seorang mahasiswa tentunya belajar lebih dalam bidang keilmuan yang ia pilih. Selain itu, seorang mahasiswa juga dituntut untuk mulai belajar mandiri dengan mengelola keuangan pribadinya sendiri. Terkadang ada lho mahasiswa yang tidak pandai mengelola uangnya, sehingga setiap bulan mengalami krisis keuangan. Namun, ada juga mahasiswa yang memang sudah harus mencari uang tambahan untuk biaya hidup selama kuliah. Beragam alasan tersebut membuat banyak mahasiswa mencari pekerjaan sampingan.

Selain mendapatkan uang dan mandiri dalam mengelola keuangan, ternyata melakukan pekerjaan sampingan juga memiliki banyak manfaat. Misalnya, menambah pengalaman, memulai bisnis, belajar disiplin diri, melatih kreativitas, dan belajar bertanggungjawab.

Oh ya, tidak semua pekerjaan cocok dikerjakan selama masa kuliah lho. Jangan sampai pekerjaan ini yang menyita banyak waktu malah mengganggu jadwal atau prestasi akademi kuliah kamu ya.

Nah, ini dia beberapa pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa!

1. Admin Media Sosial

Admin Media Sosial
Sumber: cermati.com

Pekerjaan sampingan yang satu ini sangat cocok buat kamu yang betah berlama-lama scrolling di dunia maya. Cukup bermodalkan smartphone dan kuota internet, kamu bisa menjadi admin media sosial. Selain itu, pekerjaan ini juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Banyak banget lho para pemilik online shop atau perusahaan starup yang membutuhkan tenaga kerja untuk mengelola media sosial yang dimilikinya.

Tentunya mereka akan mencari admin media sosial yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, mampu berpikir kreatif dan inovatif, serta selalu update dengan informasi terkini.

Bagaimana? Kalau perkerjaan ini cocok buat kamu, langsung aja cari informasi lowongan pekerjaan sampingan sebagai admin media sosial ya!

2. Youtuber

Youtuber
Sumber: campuspedia.id

Youtube kini menjadi salah satu platform yang digemari oleh semua kalangan. Platform ini juga ternyata bisa membantu kamu mencari uang tambahan ketika kuliah lho. Kamu hanya perlu membuat konten youtube menarik dan mendapatkan banyak viewer agar youtube kamu menghasilkan uang.

Tentunya diperlukan kreatifitas dan ide yang banyak untuk memulai menjadi youtuber.

3. Penulis Lepas

Penulis Lepas
Sumber: penerbitdeepublish.com

Kalau kamu hobi menulis, sepertinya pekerjaan sampingan yang satu ini cocok untuk kamu coba. Sekarang banyak website, majalah, koran, dan blog yang mencari penulis lepas atau freelance writer untuk ikut berkontribusi.

Bayaran atau upah yang ditawarkan pun beragam. Artikel dengan jumlah kata sekitar 1000 kata bisa dihargai sebesar Rp 15.000 hingga Rp 25.000 lho. Jika dalam satu hari kamu bisa menulis 4 artikel saja, kamu bisa mendapatkan uang hingga Rp 100.000. Wow, pekerjaan sampingan yang satu ini memang sangat menjanjikan.

Selain mendapatkan uang, menjadi penulis lepas ketika menjadi mahasiswa juga akan nantinya akan memudahkan kamu menulis skripsi atau tugas akhir. Ya, dengan menjadi penulis lepas kamu akan terbiasa menyusun kata dengan tepat dan teliti serta terbiasa berpikir kritis.

Beberapa website yang membuka kesempatan menjadi kontributor misalnya Indinews, Kompasiana, Shootnesia, dan lain sebagainya.

4. Berjualan Online

Berjualan Online
Sumber: sirclo.com

Pekerjaan sampingan yang satu ini juga banyak dipilih oleh mahasiswa. Kamu bisa mengasilkan banyak uang lho dari pekerjaan sampingan ini. Berjualan online pun sekarang memiliki banyak sistem yang memudahkan, seperti dropship.

Sistem dropship membuat kamu tidak usah repot-repot membeli atau memiliki stok barang terlebih dahulu. Banyak pengusaha yang meminta kamu hanya menawarkan atau melakukan promosi dengan katalog hingga mendapatkan calon pembeli. Setelah itu, barang dan proses pengiriman akan dilakukan oleh perusahaan tempat kamu bekerja sama.

Apa yang bisa kamu jual? Kamu bisa berjualan buku, tas, baju, celana, kerajinan tangan, atau kamu juga bisa berjualan karya seni rupa dua dimensi yang kini banyak dicari sebagai hadiah lho.

Buat kamu yang tertarik berjualan karya seni rupa dua dimensi bisa langsung bergabung menjadi dropshipper di Sketsa Wajah.

5. Fotografer

Fotografer
Sumber: kreativv.com

Fotografer bukan hanya sesorang yang sudah professional menggeluti dunia fotografi. Kamu sebagai mahasiswa yang memiliki hobi foto juga bisa menjadi fotografer sebagai pekerjaan sampingan kamu.

Pekerjaan sampingan ini memiliki potensi penghasilan yang tinggi lho. Ya, selama kamu di kampus pasti banyak kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa fotografer. Misalnya, fotografer wisuda kelulusan.

Uang yang dihasilkan pun cukup menggiurkan. Kamu bisa mendapatkan raturan ribu rupiah dalam satu kali menjadi fotogafer wisuda.

Tentunya kamu harus belajar banyak hal tentang fotografi, teknik fotografi, bagian-bagian kamera, alat bantu fotografi, dan lain sebagainya.

 

Nah, itu dia beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menghasilkan uang tambahan. Kira-kira mana nih pekerjaan sampingan yang cocok buat kamu? Atau pekerjaan sampingan mana yang sedang kamu tekuni selama ini?

Apa pun pekerjaan yang kamu pilih dan tekuni, semoga bisa membantu kamu mendapatkan uang tambahan. Jangan lupa juga untuk pandai-pandai membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan sampingan ya!

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga…
Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi…

1 Comments

Leave a Reply