Mahasiswa yang Berkarakter

Mahasiswa yang Berkarakter

  • Netizen
  • April 23, 2021
  • No Comment
  • 12
  • 5 minutes read

Oleh: Hanee H.

INDINEWS – Karakter setiap manusia tidak akan sama. Sebagian dari mereka adalah baik sebagian lagi sangat baik. Karakter adalah salah satu hal yang menjadi komponen pengaruh manusia mencapai masa depannya. Begitu juga mahasiswa.

Sepertinya di setiap orasi kemahasiswaan kata-kata Mahasiswa berkarakter itu selalu disuarakan, ya. Layaknya tokoh kartun, mahasiswa juga memiliki berbagai karakter. Ada beberapa jenis mahasiswa yang biasa ditemui dan kenali dalam prakik sehari-harinya. Biasanya, karakter ini menentukan passion mana yang akan dipilih selama menjalani perkuliahan nanti.

  1. Mahasiswa Kupu-kupu

Jenis mahasiswa ini adalah mahasiswa yang dengan kuliah hanya sebutuhnya. Kurang mengeksplor dunia kampus, agak pendiem, kurang pergaulan dengan mahasiswa lain, kurang perhatian, dan biasanya tidak terkenal. Eh tapi, jangan pernah menyepelekan manusia. Atas dasar apa pun, pasti ada alasan mengapa ia menjadi kupu-kupu yang indah. Misalnya, dia punya usaha sendiri. Ini salah satu mahasiswa kupu-kupu yang mewah, meski kebanyakan, mahasiswa jenis ini adalah pemalas karena pulang tanpa alasan.

  1. Mahasiswa Kura-kura

Apa tuh kura-kura? Lambat? Oh, bukan. Mahasiswa jenis ini adalah mahasiswa yang sibuk dengan ucapannya. Biasanya mereka adalah mahasiswa yang masuk himpunan atau organisasi kampus. Pekerjaannya adalah merangkai acara, dari acara A-Z. Yang mereka bangun adalah event-event. Biasanya mereka kurang tidur dan berani ditantang. Bayangkan saja, acara sampai tengah malam, belum lagi rapat evaluasian. Eh tapi, kerja merekalah yang sedikitya memberi kontribusi mensukseskan university ini. Seengganya lewat event-event bergengsi.

  1. Mahasiswa Kunang-kunang

Jenis mahasiswa mayoritas. Kuliah-nagkring kuliah-nangkring. Golongan mahasiswa yang terlihat fashionable, hedon, dan dituntut banyak uang. Kerjaan mereka adalah jajan, nongkrong, mabar, ke mall, belanja dan serangkaian kegiatan yang dirasa hedon lainnya. Tapi, mahasiswa jenis ini merupakan pelaku ekonomi terbaik. Karena biasanya mereka membagikan info terkini seputar makanan, tempat kece, coffe, dll dalam sosial medianya dengan tulisan “Recomended!” uhuy-uhuy ulala sekali, bukan. Berterima kasih jugalah pada mahasiswa jenis ini.

  1. Mahasiswa Bayangan

Mahasiswa paling mengerikan. Tidak berwujud tapi berwujud. Berwujud tapi tidak berwujud. Jenis mahasiswa yang mangkir dari kelas tapi tertera jelas dalam absensi kertas. Mahasiswa yang menjadi konsumen dari jastipsen (Jasa titip absen). Namun sayang, usaha ini tidak memiliki nilai ekonomis baik karena tidak memiliki tarif normal bahkan tarif minimum. Tidak sama dengan mahasiswa kupu-kukpu, mahasiswa ini dikenal memiliki pertahanan kuat karena mager. Biasanya, mahasiswa seperti ini meniru gaya DPR dan mencita-citakannya.

  1. Mahasiswa Raja

Nah, terakhir, Mahasiswa berkarakter Raja (Rajin cari muka). Siapa yang suka cari muka kepada dosen, ayo? Selain supaya dikenal dan memiliki relasi baik dengan dosen, niat terselubung mahasiswa jenis ini adalah mendapatkan nilai yang super sekali. Mahasiswa ini biasanya tergolong mahasiswa pintar, cerdas, dan tidak terlalu mementingkan perasaan.

Jadi, kurang lebih itulah karakter-karakter mahasiswa di zaman now ini. Mau menjadi mahasiswa yang mana? Yang mana pun boleh selama masih tahu diri! Enjoy kamerad!

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga…
Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi…

Leave a Reply