LIBURAN VERSI LOW BUDGET

LIBURAN VERSI LOW BUDGET

INDINEWS– Liburan di tahun baru memang waktu yang pas. Selain banyak promosi, hujan diskon, waktu libur yang diberikan cukup lama juga. Jangan sampai tidak dimanfatkan.

Selamat berlibur, Sahabat ManusiaQ!

Ada yang masih bingung akhir tahun ingin liburan ke mana? Em, atau masih bingung harus berlibur dengan siapa? Atau bingung ingin mengisi waktu libur dengan apa? Ada tips nih, biar liburan kamu tetap murah tapi meriah. Jadi, akhir tahun 2018 menuju 2019 ini kamu masih bisa selow, ManusiaQ!

Tips sebelum liburan, Guys!

  1. Menabung

Jika sudah mencium bau-bau waktu libur, sebaiknya niat untuk menabung segera dilaksanakan. Meski belum ada rencana akan berlibur ke mana, kadang manusia suka yang dadakan dengan tiba-tiba ngajak liburan. Jadi, kalau ada uang tabungan gak susah mikir-mikir buat “hayuin” ajakan teman.

  1. Membuat budgeting

Membuat perkiraan biaya yang akan dihabiskan. Dimulai dari transportasi, penginapan, makanan, tiket lain-lain, budget untuk oleh-oleh (karena kalau liburan suka ditagih, nih), dan biaya lain-lain. Ini bakal lebih mantap kalau misalnya tujuan liburanmu sudah ditetapkan. Jadi bisa ambil ancang-ancang berapa uangyang kau perlukan untuk pergi ke tempat yang ingin kamu kungjungi.

  1. Menentukan Lokasi Liburan

Sebetulnya, poin budgeting dan lokasi liburan itu saling keterkaitan dan seharusnya disimpan di tingkat yang sama. Maksudku poin dua, yaitu setelah menabung. Jadi pilihannya begini: 1. Menentukan budget untuk mengunjungi kota tertentu atau 2. Menentukan lokasi tertentu untuk dikunjungi dengan budget yang ada. Kurang lebih seperti itu. Pilihan satu bisa membantumu menabung lebih teratur karena sudah punya target yang harus kamu kejar. Tapi, poin dua membuatmu lebih santai dan tidak terbebani target.

Setelah tiga poin di atas, ada tips liburan versi low budget jika kamu kepept ingin liburan dengan keuangan seadanya.

  1. Kunjungi lokasi wisata yang tidak mahal

Kebanyakan lokasi wisata di Indonesia itu pasti pakai tiket masuk meski beberapa ada yang gratis, seperti fasilitas umum kota semacam masjid agung, taman kota, atau alun-alun kota. Selain itu, tempat lokasi yang bagus dan tidak mahal bisa kamu dapatkan di tempat wisata dengan suasana-suasana alam, seperti pegunungan, laut, hutan-hutan, dan air terjun. Wisata alam biasanya hanya memasang tarif tidak lebih dari Rp 30.000,00 anggaplah sebagai uang pemeliharaan.

  1. Cari penginapan gratis

Liburalah ke kota di mana kamu bisa mengiap dengan gratis. Caranya, numpang di rumah saudara, teman, rekan kerja, dll. Cara ini bisa membantumu menekan biaya yang harus dikeluarkan selama mejalani liburan.

  1. Manfaakan Tiket Promosi

Musim liburan selau dibarengi dengan musim promosi dan diskonan. Untuk bepergian, kamu bisa menggunakan kendaraan umum supaya lebih hemat, Guys. Sering kali beberapa perusahaan penyedia tiket memberikan potongan besar-besaran. Jadi, kamu bisa memanfaatkan ini, ya, Guys.

  1. Membawa mie instant

Mie instan memang makanan tak kenal tempat dan waktu juga tak mengenal kasta. Mengonsumsi mie instant bisa membantumu mengganjal rasa lapar. Kamu tak perlu banyak mengeluarkan uang untuk makan, cukup sehari dua kali, dengan diseling oleh ie instant.

  1. Diam di rumah dan melakukan hal positif lainnya

Cara ini adalah paling efektif yang bisa kamu gunakan untuk menghabiskan waktu liburmu jika keadaan sama sekali tidak mendukungmu untuk bepergian dengan berbagai macam alasan. Eits, jangan sedih dulu. Tidak bepergian bukan berarti tidak liburan. Esensi dari liburan adalah bagaimana kamu menghabiskan waktu liburmu dengan sebuah kegiatan. Ya, kegiatan kan banyak, cari aja yang sesuai. Hehe.Semoga bermanfaat ya tips liburan versi low budget ala-ala Hani ini. Salam Holi manusia-manusiaQ!

Oleh: Hanee H.

Related post

Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Sumber : www.turkishairlines.com Ukraina merupakan salah satu negara yang terbesar di Eropa. Tak heran , hal ini menjadikan Ukraina sebagai salah…
Liburan Pas-Pasan? Tips Berlibur Hemat, Anti Bokek Dan Kantong Bolong

Liburan Pas-Pasan? Tips Berlibur Hemat, Anti Bokek Dan Kantong…

Masa pandemi tidak menghalangi langkah para traveller untuk tetap berlibur. Berlibur di masa pandemi bisa dimanfaatkan traveller untuk tetap hemat. Ada…
5 Keuntungan Kos Untuk Liburan : Traveller Perlu Tahu

5 Keuntungan Kos Untuk Liburan : Traveller Perlu Tahu

5 Keuntungan Kos Untuk Liburan : Traveller Perlu Tahu-Liburan memang waktunya untuk bersantai dan merefresh pikiran, baik dari lelahnya bekerja, belajar…

1 Comments

  • Ide yang bagus nih

Leave a Reply