Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

  • Lifestyle
  • August 9, 2021
  • No Comment
  • 31
  • 6 minutes read

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi anak yang lebih dewasa. Buat kamu anak rantau, pasti sering kali mendengar cerita tentang anak rantau yang harus hidup mandiri, penuh tanggung jawab, dan harus hidup sederhana di perantauannya.

Lantas, sebenarnya kenapa sih anak rantau harus hidup sederhana di perantauannya? Kenapa tidak hidup boros dan berfoya-foya saja?

Tentunya, ada banyak sekali alasan dan manfaat jika anak rantau menjalani hidup yang sederhana. Penasaran apa saja alasan dan manfaatnya?

Yuk, simak artikel yang satu ini sampai selesai!

1. Belajar Lebih Menerima Keadaan

Menerima keadaan
Sumber: merdeka.com

Keadaan di perantauan tentu saja berbeda dengan keadaan di rumah atau kampung halaman. Di perantauan kamu harus bisa hidup mandiri. Selain itu, kamu juga harus hidup sederhana.

Kehidupan sederhana bisa mengajari kamu bayak hal lho! Misalnya, dengan hidup sederhana kamu akan lebih peka terhadap lingkungan sekitar kamu.

Peka terhadap lingkungan akan membantu kamu belajar untuk menerima keadaan sederhana yang apa adanya.

2. Melatih Diri untuk Melatih Sifat Rendah Hati

Sifat Rendah Hati
Sumber: www.idntimes.com

Sebagai anak perantauan yang jauh dari keluarga, tetunya kamu harus memiliki banyak teman baik yang nantinya bisa membantu jika kamu mengalami kesusahan.

Nah, untuk mendapat teman yang baik tentunya kamu harus menjadi pribadi yang baik pula.

Salah satu kunci menjadi pribadi yang baik adalah rendah hati. Orang yang memiliki sifat rendah hati akan banyak disukai oleh orang lain dan mendapatkan banyak teman.

Sifat rendah hati ini dapat dicerminkan dengan hidup sederhana lho! Jadi jangan takut untuk belajar hidup sederhana di perantauan ya!

3. Hidup Hemat untuk Menabung

Hidup Hemat untuk Menabung
Sumber: bisnismuda.id

Menjalani kehidupan yang sederhana, tentunya akan membuat kamu lebih berhemat. Ya hidup sederhana dapat diartikan dengan hidup apa adanya dan cukup.

Kamu tidak berfoya-foya menghabiskan uang tabungan kamu. Lagipula untuk apa hidup berfoya-foya di perantauan, sedangkan orang tua susah payah mencari uang di kampung halaman?

Hidup hemat akan memberikan kamu beberapa keuntungan.

Keuntungannya adalah kamu dapat menyimpan uang untuk menambah jumlah tabungan kamu.

Sebagai anak rantau, tabungan itu sangat penting lho! Jadi jika ada keperluan mendesak, kamu tidak kawatir dan kerepotan.

Kamu juga tidak perlu meminta uang dari orang tua yang sedang susah payah membanting tulang untuk mencari uang. Kamu bisa menggunakan uang tabungan kamu sendiri.

 

Jadi kenapa anak rantau harus hidup sederhana? Beberapa informasi di atas tentunya sudah bisa menjawab dan memberi penjelasan dari pertanyaan itu ya!

Kehidupan sederhana anak rantau yang sering kali dipandang negatif oleh beberapa orang, ternyata memiliki banyak manfaat. Ya, untuk melatih diri agar lebih kuat, mandiri, rendah hati, dan bertanggung jawab.

Meskipun sebagai anak rantau kamu harus hidup sederhana, tetap sisihkan sedikit uangmu untuk mengapresiasi diri kamu ya. Misalnya, sesekali memebeli makanan atau minuman yang kamu sukai. Tapi ingat jangan sampai berlebihan dan boros!

Sebagai anak rantau, kamu juga bisa mendapat penghasilan lebih dengan melakukan beberapa pekerjaan sampingan. Nah, uang yang kamu dapatkan bisa membantu kamu membeli kebutuhan hidup di perantauan atau bisa juga kamu tambahkan ke tabungan kamu.

Tetap semangat menjalani hidup sederhana di perantauan ya!

Ingat anak rantau harus tetap kuat dan bersemangat, agar kelak ketika kembali pulang ke rumah ia bisa membuktikan bahwa ia sudah menjadi pribadi yang lebih baik dan membuat bangga kedua orang tua!

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga…
Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Berlibur Ke Ukraina? Wisata Di Ukraina Yang Memanjakan Mata

Sumber : www.turkishairlines.com Ukraina merupakan salah satu negara yang terbesar di Eropa. Tak heran , hal ini menjadikan Ukraina sebagai salah…

Leave a Reply