Donasi Online, lebih efektifkah untuk saat ini?

Donasi Online, lebih efektifkah untuk saat ini?

donasi online
Gambar: Hasil edit ms office

Membuat donasi online di era digital tampaknya sangat diminati. Selain lebih praktis, bagi sebagian membuat donasi online saat ini akan lebih efektif.

Namun, bagi sebagian orang membuat donasi online akan terasa lebih sulit jika dibandingkan dengan cara online. Hal ini disebabkan menurut pengalaman saya yang boleh dibilang ‘gaptek’ khususnya dalam membuat donasi online disebabkan beberapa hal yang perlu dipelajari, supaya efektifitas galang donasi online lebih tepat sasaran.

sumber : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/

Pengalaman pertama saya tentang membuat donasi online yaitu ketika mendapat tugas membuat satu proposal oleh panitia kecil untuk galang donasi perbaikan rumah warga tidak mampu. Sayapun mulai menulis dan membangun strategi supaya galang donasi perbaikan rumah lebih efektif dan jangkauan lebih luas. Sudah sedikit lumrah di era digital saat ini ketika menghadapi satu pekerjaan tak pas rasanya tanpa melihat ke internet dan media sosial, melihat dan membaca bagaimana cara orang lain membuat strategi efektif dalam rangka menggalang donasi. Akhirnya Setelah saya mengikuti beberapa group ternyata saya menemukan layanan galang donasi yang yang dapat dimanfaatkan berbagai kalangan baik individu maupun lembaga sosial. Dan, sayapun mencoba mengikuti jejak mereka bahkan sampai saya mencoba beberapa web galang donasi kemudian pasang iklan disalah satu media sosial. Tetapi, hasil yang saya dapatkan kurang memuaskan, bahkan tidak ada satupun yang mau donasi ke link yang saya bagikan kecuali orang yang saya kenal di dunia nyata yang saya arahkan ke web tersebut.

Namun demikian, Pada postingan ini saya mencoba berbagi bagaimana cara menggalang donasi online berdasarkan sedikit pengalaman saya.

Setelah mempersiapkan umumnya proposal bantuan atau donasi offline, biasanya kita diharuskan mempersiapkan keperluan lainnya, seperti identitas pribadi atau lembaga jika akan menggunakan profil lembaga di web tempat kita melakukan donasi online nantinya.

Siapkan Deskripsi Donasi Online

deskripsi
Sumber: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/

Setelah beberapa persiapan terpenuhi, hal lain yang harus diperhatikan ketika hendak menggalang donasi online yaitu menyiapkan atau mempertimbangkan kembali isi dari deskripsi yang kita buat. Dalam dunia online, pembuatan deskripsi sedikit berbeda. Karena selain manusia, penulisan deskripsi galang donasi online harus diupayakan sesuai dengan karakter robot mesin pencari(mesin telususr) yang dalam istilah webmaster dikenal dengan SEO(search engine optimation), untuk lebih jelasnya apa itu SEO anda bisa lakukan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci SEO.

Sehingga, dengan melakukan optimasi mesin pencari dengan teknik SEO, konten atau proposal donasi online kita akan lebih mudah dicari orang. Selain itu, konten dengan SEO yang bagus akan dapat menjangkau mereka yang belum terjaring di media yang kita miliki. Dan, menurut saya untuk memiliki kemampuan penulisan deskripsi sesuai seo dibutuhkan pengalaman serta tool yang cukup memadai, namun kita bisa menyewa orang untuk membantu penulisan deskripsi minimal 500 kata kepada mereka yang terbiasa dengan SEO.

Gambar Dan Foto Menarik

kamera
Gambar: https://cdn.pixabay.com/

Seperti halnya penulisan deskripsi, dalam dunia online gambar memiliki karakter yang kuat di mesin pencari, sehingga banyak tool yang dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan kualitas gambar serta SEO yang baik. Sehingga gambar mudah ditemukan robot dan manusia. Artinya, gambar yang baik dalam dunia online tetap harus diupayakan agar sesuai dengan karakteristik mesin pencari SEO.

Lalu, bagaimana cara mengatur gambar supaya sesuai seo?. Sebagai gambaran sederhana SEO gambar yang harus diperhatikan terdiri dari: Nama untuk gambar maupun foto usahakan sesuai nama yang dimaksud. Misalnya, ketika kita mengambil foto dari kamera smartphone, biasanya nama akan ditulis berupa alamat tempat dan kode default. Maka, cara sederhana penerapan SEOnya yaitu dengan memberi nama sesuai deskripsi galang donasi online dimaksud seperti: ‘foto perbaikan rumah’.

Hal lain dari cara sederhana penerapan SEO gambar yaitu membuat deskripsi pendek pada bagian sub judul, memberi tag, serta karakter lainnya. Untuk melakukan ini sebaiknya menggunakan pc atau laptop.

Siapkan Web Donasi Online

web donasi
Gambar: https://storage.googleapis.com/

Untuk saat ini ada banyak lanyanan web tempat penggalang dana, anda tidak perlu repot mempelajari web sendiri dengan sejumlah script, API atau lainnya. Anda cukup bergabung dan melakukan verifikasi profil kemudian masukan deskripsi serta gambar yang diperlukan di rencana pekerjaan galang donasi anda.

Sebar link Donasi Online yang telah dibuat

sebar link donasi
Gambar: https://sharinghappiness.imgix.net/

Ini menjadi PR tersendiri serta tahap yang sedikit membutuhkan tenaga ekstra supaya link anda dapat ditemukan pengguna internet. Cara yang umum dalam dunia online link disebar ke beberapa media social, blog, pesan pribadi dan layanan lainnya. Dan, bila memungkinkan srta memiliki sedikit anggaran link dapat buat iklan di salah satu media sehingga dalam waktu singkat link anda dapat di akses lebih cepat dibandingkan cara manual. Atau, cara lainnya sebagai alternative bisa menggunakan media sosial milik orang lain yang sudah dianggap kredibel dengan indeks yang lumayan.

…Semoga bermanfaat.

Related post

1 Comments

Leave a Reply