Channel Digital Marketing Organik untuk Kamu yang Pengen Mulai Usaha

Channel Digital Marketing Organik untuk Kamu yang Pengen Mulai Usaha

Sobat rantau, kalian udah tau belum kalo ada kemampuan yang mesti kalian miliki dan menguntungkan banget di era serba digital ini. Udah gak usah ribet lagi deh sekarang buat promosiin usaha yang bakalan kalian bangun. Apaan tuh?

Kemampuan yang mesti kalian miliki adalah mempelajari tentang digital marketing, Indinews bakalan bahas nih apa itu digital marketing… berikut ini channel digital marketing yang bisa kalian manfaatkan secara gratis terutama buat kalian pemilik usaha mikro kecil dan menengah :

1. Content Marketing

            Konten menjadi sangat penting dalam dunia digital marketing. Konten berperan sebagai media untuk kita dapat menyampaikan pesan kepada audiens. Tanpa konten, channelchannel digital marketing yang lain tidak akan membuahkan hasil. Ada dua elemen penting dalam content marketing, elemen yang pertama konten harus penting, relevan, dan konsisten. Jika anda memiliki usaha di bidang otomotif, maka anda harus membuat konten yang berkaitan pula dengan otomotif. Kemudian elemen kedua, konten marketing harus mampu mengkonversi audiens menjadi buyer. Perlu diingat konten hanya sebagai penghibur dan ada tujuan yang anda harus capai yaitu mendapatkan konsumen, jadi setelah melihat konten anda buatlah konsumen tergerak untuk membeli produk anda.

2. Search Engine Optimization (SEO)

            Secara pengertian search engine optimization adalah sebuah upaya untuk melakukan optimasi sebuah website untuk mencapai peringkat teratas pada kolom pencarian. Kalian pasti pernahkan nyari sesuatu dan sebuah website itu muncul paling atas?. Ini yang dinamakan SEO sobat rantau.. Dengan mencapai peringkat teratas pada kolom pencarian, potensi trafik organic pun ikut meningkat. Untuk SEO sendiri berkerja dengan menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak untuk menempati ranking teratas pada kolom pencarian. Salah satu pemanfaatan algoritma yaitu dengan keyword stuffing. Apa sih keyword stuffing itu? Keyword stuffing adalah suatu usaha memfokuskan kata kunci sebanyak-banyaknya pada sebuah artikel.

3. Social Media Organic

            Social Media Organic adalah channel yang bisa menjadi sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness terhadap bisnis yang kita miliki. Karena kita tahu hampir setiap individu memiliki media sosial seperti instagram, twitter maupun facebook. Dengan menggunakan channel ini kalian dapat memasarkan produk yang kalian tawarkan, namun channel ini pun memiliki kekurangan yaitu pada kemampuan jangkauan nya yang terbatas pada jumlah followers akun. Namun jika anda menginvestasikan modal untuk marketing bisa menggunakan social media ads dimana jangkauan target lebih luas bahkan anda bisa membuat spesifikasi khusus untuk target market dari produk anda. Selain itu social media organic juga bisa anda manfaatkan sebagai customer service dari bisnis anda.

4. Customer Relationship Management

            CRM merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan. Untuk tools CRM yang sering digunakan yaitu email marketing, ada dua tipe dari email marketing yaitu Newsletter dan Drip Campaigns. Newsletter merupakan sebuah email yang isisnya berupa pemberitahuan atau update terbaru dikirim kepada para subscriber dari perusahaan tersebut. Bagaimana sih cara perusahaan mendapatkan subscriber ini? Untuk mendapatkan subscriber ini perusahaan biasanya membuat konten di media sosial, yang berujung pada landing page perusahaan. Biasanya landing page ini berisi arahan untuk sign up pada aplikasi dari perusahaan atau dengan memasukan email konsumen. Dengan Newsletter ini perusahaan mampu menciptakan leads sehingga konsumen memiliki penilaian yang kuat dengan perusahaan.

Image Source : Adidas.com

Lalu bagaimana dengan drip campaigns? Drip campaigns merupakan email yang   dikirim pada waktu-waktu tertentu, seperti welcome email saat anda baru saja   melakukan sign up pada sebuah aplikasi. Selain itu bisa juga berupa up/cross-selling email, drip campaigns ini terbukti meningkatkan profit sebanyak 18 kali lipat lho.

Image Source : Duolingo

Itu dia channel-channel yang bisa kalian manfaatkan selaku pemilik bisnis yang mencari cara untuk melakukan online marketing dan meningkatkan penjualan. Setiap channel memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, jadi pastikan pahami terlebih dahulu sebelum mempraktekan nya didalam bisnis kalian ya sobat rantau!

Editor By Teuku Raya Mahesa

Related post

Leave a Reply