Cara Jitu Menulis Essay, Calon Mahasiswa dan Mahasiswa wajib tau!

Cara Jitu Menulis Essay, Calon Mahasiswa dan Mahasiswa wajib tau!

  • Edukasi
  • November 2, 2021
  • 1 Comment
  • 191
  • 4 minutes read

Kalian bingung bagaimana menulis essay/esai yang baik dan benar? Walaupun esai terbilang singkat dan terlihat mudah, namun esai itu harus mencakup beberapa hal loh… Alangkah baiknya untuk mempelajari langkah-langkah di bawah ini!

Untuk Pendaftaran Kelas Esai Gratis ada di akhir artikel ini ya!!

Sebelum kita mambahas lebih dalam, kalian tau gak kalau essay itu bagian dari karya tulis ilmiah?. Menurut H.B Jassin esai adalah uraian tulisan yang membicarakan bermacam ragam masalah, baik itu politik, sosial, hukum, ekonomi, pertanian, dan masalah lainnya.

Esai tidak tersusun secara teratur, akan tetapi ada garis besar yang dapat dipetik dari bermacam tulisan yang diutarakan. Dari pembahasan tersebut kita bisa mengetahui, bahwa esai juga bisa menghasilkan sebuah produk dari kegiatan ilmiah atau yang kita sebut sebagai ide atau gagasan.

Apa esai itu memiliki struktur tersendiri? Tentunya ada, biasanya esai disusun menjadi 3 bagian, yang pertama adalah pendahuluan, kedua adalah isi/atau pembahasan, dan ketiga adalah penutup yang biasanya diisi oleh kesimpulan atau saran:

  1. Pendahuluan

Biasanya berisi tentang topik yang akan kalian angkat, seperti latar belakang suatu kasus, permasalahan/ adanya suatu keresahan, dan juga isu-isu yang sedang dibahas. Pendahuluan ini mesti menjelaskan mengapa topic ini kalian angkat untuk dijadikan esai, poin-poin yang biasanya dimuat diantaranya:

  • Latar belakang permasalahan
  • Perumusan masalah, serta
  • Tujuan dari pembahasan masalah

Akan tetapi, dalam esai pembuatan pendahuluan tidak perlu dijabarkan pertiap poinnya. Kalian hanya perlu menulis dalam bentuk paragraf saja.

  1. Pembahasan (Isi atau gagasan)

Setelah itu, barulah kalian mengisi bagian isi atau ide yang akan kalian tuangkan. Untuk pembahasan ini, sebisa mungkin isi pikiran kalian ini disusun menjadi kata-kata yang dirangkai. Di pembahasan pun kalian bisa memasukan kutipan dari penelitian sebelumnya.

Misal : Dalam inovasi periklanan, sangatlah penting bagi kita untuk menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya, menurut Mahesa (2020) mengatakan bahwa pemasaran yang baik adalah pemasaran yang menghasilkan output menjangkau pasar sebanyak mungkin.

  1. Penutup (Kesimpulan atau saran)

Dan yang terakhir adalah kesimpulan dan saran, Sangat penting loh memasukan kesimpulan maupun saran dalam menulis esai. Karena ini menjadi tombak akhir dalam menjelaskan gagasan yang sedang kamu tulis. Untuk kesimpulan sendiri kalian bisa menyimpulkan dari apa yang menjadi masalah pada esai kalian serta gagasan yang kalian tawarkan. Dan saran sendiri, kalian hanya memberikan sebuah masukkan, bahwa gagasan yang kamu tawarkan sangat urgent untuk diimplementasikan sesegara mungkin. Mengingat permasalahan yang sudah terjadi bisa teratasi dengan gagasan yang kamu tawarkan.

  1. Daftar Pustaka/Referensi

Satu hal lagi yang biasanya ada di esai, namun tidak sedikit daftar pustaka ini tidak harus diterapkan di tiap esai. Misalnya dalam esai beasiswa, esai pengenalan diri, ataupun esai yang hanya menjadi tugas penulisan kegiatan sehari-hari.

Itulah cara Jitu menulis Esai dengan mudah, semoga kalian bisa mulai menulis esai setelah membaca artikel ini.. semangat para pembawa perubahan!

Untuk pendaftaran kelas esai gratis + free booklet bisa isi melalui bit.ly/DaftarKelasEsaiGratis
Penutupan Pendaftaran hingga 28 Februari 2022!.

Related post

5 MANFAAT DAUN KELOR BAGI KESEHATAN

5 MANFAAT DAUN KELOR BAGI KESEHATAN

5 MANFAAT DAUN KELOR BAGI KESEHATAN Ada banyak sayur – sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi. Biasanya, sayur – sayuran ini…
MENGATUR POLA HIDUP SEHAT SEHARI – HARI

MENGATUR POLA HIDUP SEHAT SEHARI – HARI

Mengatur Pola Hidup Sehat Sehari – Hari Kesehatan lebih mahal dari apapun. Pastinya, agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar, diperlukan…
5 Fakta Buah Pala Papua yang Cocok Jadi Dessert

5 Fakta Buah Pala Papua yang Cocok Jadi Dessert

Buah Pala biasanya dapat ditemukan di dapur orang Indonesia dalam bentuk biji atau bubuk. Buah pala dapat membuat makanan menjadi lebih…

1 Comments

Leave a Reply