Bukan Tips, 4 Hal yang mesti kalian siapkan sebelum Interview

Bukan Tips, 4 Hal yang mesti kalian siapkan sebelum Interview

Jika sebelumnya kalian mendengar interview itu sesulit yang kalian bayangkan, sebenernya interview itu mudah kok… Yuk simak apa aja yang mesti kalian siapkan sebelum hari interview.

 

1. Mengenali diri dan kemampuan sendiri.

Image Source : bramardianto.com

Lah kok?. Walaupun HR sudah membaca CV kita tapi kita harus tetap memperkenalkan diri kita didepan HR, terutama kemampuan kita mengenali diri sendiri. Makannya sebelum kalian interview alangkah baiknya untuk menyiapkan apa aja yang bakalan kalian jelaskan didepan HR. Nah Indinews bakalan ngasih tau nih beberapa hal yang mesti kalian siapin sobat Rantau.. pertama-tama kalian harus memperkenalkan diri kalian sebagus mungkin!. Mulai dari nama, latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja/magang/organisasi/volunteer , Lalu skill apa aja yang kalian mampu. Pastinya kalian sudah mengisi semua hal tersebut di CV atau Resume kalian.

2. Pelajari Perusahaan yang kalian lamar.

Image Source : akamaized.net

Tidak sedikit HR selalu bertanya sejauh apa kita mengenal perusahaan yang sedang kita lamar, Terkadang ada juga HR bertanya tentang Visi Misi perusahaan, perusahaan tersebut bergerak dibidang apa, dan siapa konsumen yang disasarnya. Maka dari itu, wajib sekali kalian mempelajari perusahaan yang kalian lamar sebelum interview. Kalo kalian lupa, catat aja, apalagi kalo interviewnya online enak tuh bisa bawa contekan sobat rantau!

3. Pelajari posisi yang kamu ingin lamar

Image Source : akamaized.net

Kalo sebelumnya kalian udah punya pengalaman di posisi yang kalian lamar, pastinya kalian tau dong jobdesk nya. Tapi kalo kalian masih kurang pengalaman atau baru pertama kali melamar, harus banget kalian pelajari posisinya. Terus pelajarinya dimana? Tenang sobat rantau, kalian ketik kata kunci posisi pekerjaan yang kamu lamar di internet nanti banyak kok penjelasannya. Kalo kalian udah pelajari pastinya lancar sewaktu ditanya HR selama interview.

4. Siapkan kata-kata khusus sebelum menutup interview

Image Source : zurich.co.id

Biasanya HR selalu bertanya kepada kita “Mengapa perusahaan harus menerima kamu?” Pertanyaan yang terdengar mudah namun ini adalah ujung tombak yang harus kita taklukan. Pastinya sewaktu pertanyaan ini dilontarkan HR sobat rantau bingung ya apa aja yang mesti diutarakan. Tenang sobat rantau, Tim Indinews bakalan kasih bocoran. Hal yang pertama kalian harus ucapkan adalah kalimat yang saling berkaitan antara posisi dan juga kemampuan kamu, misalnya “Perusahaan membutuhkan sosok karyawan yang sesuai dengan pengalaman dan juga kemampuannya…….. (kalian lanjutin sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan diposisi tersebut)”. Lalu kita sambung dengan penghubung antara kebutuhan perusahaan tersebut dengan pengalaman dan kemampuan kita, misalnya “Dan posisi ini sangat cocok sekali dengan saya, karena sebelumnya saya berpengalaman di bidang ini, ditambah saya juga memiliki kemampuan dalam menganalisis dan juga saya adalah seseorang yang kreatif (ini contoh ya)”. Lalu ditutup dengan kata-kata yang memperkuat argumen kita, misalnya “Maka dari itu perusahaan membutuhkan sesosok yang seperti saya dalam menjalankan posisi ini”.

Seperti itulah hal-hal yang wajib kalian siapkan sebelum interview sobat rantau,  pelajari dan praktekan sebelum hari interview ya!. Yuk dicoba sebelum hari H interview-nya, Good luck buat interviewnya!!! Jangan lupa juga Rantau lebih mudah bersama Indikos.id.

Oleh : Teuku Raya Mahesa

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga…
Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi…

Leave a Reply