Apa Aja Sih Perbedaan Masa Sekolah dan Masa Kuliah?

Apa Aja Sih Perbedaan Masa Sekolah dan Masa Kuliah?

Ketika kamu berada masa sekolah dan masa kuliah tentunya kamu sama-sama belajar tentang banyak hal, bukan? Ya, meskipun sama-sama belajar, kehidupan keseharian di sekolah berbeda dengan kehidupan di kampus lho.

Calon mahasiswa baru mungkin membayangkan bahwa kehidupan di kampus jauh lebih baik dari pada ketika di sekolah. Tidak perlu menggunakan seragam, tidak perlu datang pagi-pagi, tidak usah ikut upacara setiap hari Senin, dan lain sebagainya.

Namun, apa benar kehidupan mahasiswa di kampus seenak dan senyaman itu? Penasaran tentang perbedaan masa sekolah dan masa kuliah? Yuk, langsung simak informasi di artikel yang satu ini!

1. Pakaian Sehari-hari

Sumber: www.kompas.com

Ketika sekolah di bangku TK, SD, SMP, dan SMA tentunya semua murid setiap hari diwajibkan menggunakan seragam sekolah yang menjadi ciri khas sekolahnya masing-masing. Namun, ketika kuliah para mahasiswa lebih bebas menggunakan pakaian apapun asalkan sopan. Hanya hari-hari atau pada kegiatan tertentu saja beberapa perguruan tinggi mewajibkan para mahasiswanya menggunakan jas almamater kampus.

Oh ya, beberapa kampus kedinasan dan akademi tetap mewajibkan mahasiswanya menggunakan seragam sesuai ketentuan lho. Misalnya,  STAN, STSN, STIS, dan AKMIL.

2. Waktu dan Tempat Belajar

Sumber: commons.wikimedia.org

Waktu belajar di sekolah biasanya sudah ditetapkan berdasarkan kurikulum yang berlaku yaitu mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 3 atau 5 sore. Tempat melaksanakan proses pembelajaran juga pasti di lingkungan sekolah.

Nah, berbeda ketika kuliah, waktu belajar dan tempat belajarmu lebih fleksibel tergantung mata kuliah yang kamu pilih. Ada mata kuliah yang dimulai pukul 8 pagi da nada juga yang dimulai pukul 1 siang. Beberapa mata kuliah lain ada juga yang baru dimulai pukul 4 atau 5 sore. Para mahasiswa tak jarang harus berpindah-pindah ruang kelas juga lho.

3. Dosen Berbeda dengan Guru

Sumber: fapet.unsoed.ac.id

Tenaga pengajar di kampus adalah seorang dosen yang tentunya berbeda dengan guru. Guru di sekolah memang akan mendedikasikan waktunya untuk mengajar murid-murid. Sedangkan dosen memiliki banyak kegiatan di luar mengajar.

Tak heran jika dosen tidak bisa mengajar di kelas karena keperluan proyek yang sedang dijalankannya. Biasanya dosen yang tidak hadir akan digantikan oleh asistennya, tetapi ada juga dosen yang malah memberikan banyak tugas kepada mahasiswanya.

4. Cara dan Metode Belajar

Sumber: www.cermati.com

Cara dan metode belajar di kampus tentu berbeda dengan di sekolah. Jika di sekolah kamu lebih banyak belajar dengan dibimbing guru, di kampus kamu harus lebih banyak belajar secara aktif di kelas. Selain itu, kamu juga harus pandai-pandai mencari sumber belajar di luar kelas. Kamu bisa membaca buku-buku di perpustakaan atau melakukan diskusi dengan teman-temanmu.

Oh ya, selain mata kuliah wajib, ketika kuliah kamu akan diberi kesempatan untuk memilih mata kuliah lainnya.

5. Ujian dan Tugas Akhir

Sumber: stiebiptk.com

Ujian Nasional merupakan ujian akhir penentu ketika kamu akan lulus sekolah. Berbeda dengan di sekoolah, di dunia perkuliahan kamu harus mengerjakan tugas akhir berupa penelitian dan menulis laporannya dalam bentuk skripsi.

Kemudian kamu juga harus lulus dalam seminar penelitian dan yang terakhir kamu juga harus lulus di siding skripsi. Kamu harus benar-benar serius mengerjakan penelitian dan skripsi. Jangan sampai kamu malah bermain-main dan akhirnya terlambat lulus atau bahkan DO.

6. Kegiatan Selama Hari Libur

Sumber: www.filemagz.com

Jika liburan sekolah tiba, biasanya kamu akan menghabiskan seluruh waktu liburan untuk benar-benar berlibur. Namun, ketika kamu sudah menjadi mahasiswa biasanya kamu akan memiliki banyak pilihan kegiatan untuk menghabisakan waktu liburan. Kamu bisa mengambil kuliah semester pendek atau mungkin magang di perusahaan-perusahaan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa pekerjaan sampingan, seperti menjadi penulis lepas dan fotografer.

7. Lingkungan Pergaulan

Sumber: www.qraved.com

Ketika kuliah kamu akan lebih banyak bertemu dengan orang-orang di luar daerah tempat tinggalmu. Kamu juga pasti akan mendapatkan banyak teman selain teman yang satu jurusan denganmu. Sisi postifnya kamu bisa membangun relasi dengan banyak orang. Namun, kamu juga harus tetap berhati-hati dalam memilih teman ya. Jangan sampai kamu terjerumus ke pergaulan yang berdampak buruk.

Itu dia perbedaan antara masa sekolah dan masa kuliah. Meskipun keduanya berbeda, tetapi keduanya merupan masa-masa indah dimana kamu bisa mengumpulkan pengalaman dan pembelajaran sebanyak mungkin!

Nah, bagi kamu yang akan masuk ke dunia kampus, jangan lupa persiapkan diri sebaik-baiknya ya! Semangat!

Related post

5 MANFAAT DAUN KELOR BAGI KESEHATAN

5 MANFAAT DAUN KELOR BAGI KESEHATAN

5 MANFAAT DAUN KELOR BAGI KESEHATAN Ada banyak sayur – sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi. Biasanya, sayur – sayuran ini…
MENGATUR POLA HIDUP SEHAT SEHARI – HARI

MENGATUR POLA HIDUP SEHAT SEHARI – HARI

Mengatur Pola Hidup Sehat Sehari – Hari Kesehatan lebih mahal dari apapun. Pastinya, agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar, diperlukan…
5 Fakta Buah Pala Papua yang Cocok Jadi Dessert

5 Fakta Buah Pala Papua yang Cocok Jadi Dessert

Buah Pala biasanya dapat ditemukan di dapur orang Indonesia dalam bentuk biji atau bubuk. Buah pala dapat membuat makanan menjadi lebih…

1 Comments

  • Masa sekolah dan kuliah memang sangatlah berbeda, mulai dari pembelajaran, waktu, pakaian, dan pada perkuliahan lebih banyak dituntut untuk berpikir kritis dan memahami situasi dunia saat ini.

Leave a Reply