6 Klub Bola Terkaya di Dunia, Barcelona Menduduki Posisi Puncak

6 Klub Bola Terkaya di Dunia, Barcelona Menduduki Posisi Puncak

Memiliki kekayaan yang besar memang dambaan setiap klub sepak bola di dunia. Klub yang kaya biasanya mampu tampil dengan ferforma terbaik. Selain itu juga untuk dapat mendatangkan pemain yang berlabel bintang sebuah klub harus memiliki modal yang besar.

Saat ini ada beberapa klub yang mendapatkan penghargaan sebagai klub bola terkaya di dunia. Siapa saja kah klub tersebut? Berikut ini ulasannya:

1. Barcelona

Sumber : Sport.detik.com

Barcelona menduduki posisi puncak sebagai klub terkaya di dunia. Klub yang bermakas di camp nou ini memiliki kekayaan sebesar Rp14,5 Triliun. Jumlah yang sangat fantastis bagi sebuah klub sepak bola. Musim 2019 kemarin menjadi musim yang kurang beruntung bagi Barcelona. Pasalnya Barcelona gagal meraih satu trofi pun.

Barcelona digadang-gadang tak akan lama menduduki gelar ini. Hal ini karena ketidakjelasan kontrak dari sang mega bintang Lionel Messi.  Sehingga Barcelona dimungkinkan akan bernasib sama seperti Real Madrid setelah ditinggal Ronaldo. Yaitu keuangan klub mengalami penurunan.

2. Real Madrid

Sumber : Kompas.com

Kepergian dari Cristiano Ronaldo sedikitnya berdampak terhadap keuangan klub. Hal ini juga yang membuat Real Madrid harus puas turun ke posisi kedua sebagai klub terkaya di dunia dengan Rp 13,1 Triliun. Real madrid bisa dibilang beruntung dari Barcelona karena di musim 2019 berhasil meraih grlar trofi juara Piala Super Spanyol.

3. Manchester United

Sumber : Cnnindonesia.com

Red Devil julukan dari Manchester United mampu menjadi klub yang paling diperhitungkan di Inggris. Memiliki kekayaan sekitar Rp 12,1 Triliun  membuatnya menjadi klub yang paling berbahaya.

Manchester United sendiri masih memiliki beberapa amunisi yang siap untuk ditampilkan pada musim yang akan datang. Strategi dari manajemen klub tampaknya berhasil meningkatkan pendapatan. Meskipun Manchester United di musim kemarin tidak meraih gelar juara apapun.

4. Bayern Munchen

Sumber : Liputan6.com

Musim 2019 menjadi musim yang paling mengembirakan bagi Bayern Munchen. Pasalnya klub tersebut mampu menyambet trible winner sekaligus. Hasil tersebut membuat Bayern Munchen berhasil menambah pundi-pundi kekayaan menjadi Rp11,4 Triliun.

Klub yang berjuluk The Bavarians mampu menempatkan posisi ke 4 sebagai klub terkaya di dunia. Saat ini Bayern Munchen focus terhadap laga-laga yang akan dihadapinya.

5. Paris Saint Germain

Sumber : korankaltim.com

Kesuksesan PSG di sepak bola tak lepas dari kontribusi para pemainnya. Selain itu juga PSG dibantu oleh sponsor-sponsor dalam menambah keuangan klub. Salah satu sponsor terkuat yang membantu psg adalah Qatar Sports Investment. Sponsor tersebut mampu mendatangkan pemain berbakat seperti Neymar dan Mbppe.

Dengan kehadiran pemian tersebut mampu membuat PSG meraih beberapa gelar juara baik di Liga domestik mapun Liga non domestic. Saat ini jumlah kekaayan dari Paris Saint Germain berkisar Rp11 Triliun.

6. Liverpool

Sumber : Sport.detik.com

Di musim lalu Liverpool berhasil meraih gelar juara Premier League. Hasil tersebut tersebut membuatnya menjadi salah satu klub terbesar di Inggris. Liverpoool memiliki harta kekayaan sekitar Rp9,8 Triliun. Pendapatan tersebut diperoleh dari sponsor dan pendapatan komersial lainnya.

Salah satu tolak ukur dalam menentukan kesuksesan sebuah klub adalah dengan melihat kekayaan klub itu sendiri. Seperti klub di atas tadi yang menjadi klub bola terkaya di dunia. Yang mana pendapatannya di atas rata-rata klub lainnya. Klub tersebut memperolehnya dari prestasi dan permainan yang ditampilkan di setiap musimnya.

Related post

2 Comments

Leave a Reply