5 UKM Sangat Unik, Beda dari yang Lain Lho!

5 UKM Sangat Unik, Beda dari yang Lain Lho!

UKM Unik. Mahasiswa memang memiliki tugas utama untuk belajar dan menyelesaikan pendidikannya. Namun, selain itu mahasiswa juga dituntut untuk aktif dalam berbagai kegiatan atau organisasi di kampus! Ya, mengikuti beragam kegiatan dan organisasi di kampus tentunya memiliki banyak manfaat. Kamu bisa melatih jiwa kepemimpinan, kerjasama, public speaking, negosiasi, dan meningkatkan soft skill lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan bakat dan kemampuanmu bersama teman-teman kampusmu.

Nah, biasanya nih mahasiswa akan bergabung ke dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Perguruan tinggi mana pun pasti memiliki beberapa UKM sebagai tempat berkumpul dan belajar mahasiswa di luar kelas akademik kampus.

Ternyata dari sekian banyaknya UKM yang ada di kampus, ada juga lho UKM unik yang dimiliki beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Penasaran UKM kampus mana saja yang dianggap unik dan berbeda dari UKM lainnya? Yuk, langsung aja simak informasi berikut ini!

1. Klub Mode Universitas Indonesia

Klub-Mode-UI
Sumber: www.linkedin.com

Hayo siapa yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia? Selain dikenal sebagai kampus terbaik dengan sejuta prestasi, tentunya UI memiliki UKM yang tak kalah kerennya lho.

Salah satu UKM unik yang ada di kampus ini adalah Klub Mode UI. Mahasiswa yang tergabung dalam UKM ini tentunya merupakan mahasiswa yang tertarik di dunia mode atau fashion.

UKM ini juga pernah mengadakan acara fashion kampus terbesar di Indonesia yaitu UI Fashion Week yang diadakan sejak tahun 2012. Keren ya!

2. Peduli Difabel Universitas Gajah Mada

Peduli-Difabel-Universitas-Gajah-Mada
Sumber: ukm.ugm.ac.id

Mahsiswa sudah sepantasnya memiliki jiwa sosial dan semangat berbagi yang tinggi terutama terhadap sesama manusia. Salah satu UKM unik yang memiliki kegiatan untuk melatih/ menunjukan jiwa sosial dan semangat berbagi yang tinggi adalah Student Activity Unit of Difabel Care UGM (SAUDC UGM).

UKM yang satu ini memiliki beragam kegiatan menarik yang melibatkan para difabel di sekitar kampus. Kegiatan-kegiatan UKM ini meliputi kunjungan ke SLB, seminar, penelitian sosial, kelas bahasa isyarat, dan lain sebagainya.

Nah, kalau kamu menjadi mahasiswa UGM tentunya mau dong bergabung di UKM SAUDC UGM? Dijamin seru deh!

3. Lises Gentra Kaheman Institut Pertanian Bogor

Gentra-Kaheman-IPB
Sumber: web.facebook.com

Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki UKM unik bernama Lies Gentra Kaheman IPB. UKM yang bergerak di bidang seni ini memiliki tujuan untuk melestarikan budaya Sunda.

Di UKM ini mahasiswa banyak belajar tentang kebudayaan sunda, seperti nyanyian, musik, tarian, dan lain sebagainya. Setiap tahun seluruh anggota UKM unik yang satu ini bahkan bekerjasama megadakan pagelaran teater lho. Pagelaran teater ini diberi nama Pagelaran Teater Ki Sunda Midang.

4. Studi Pedesaan Universitas Sumatera Utara

USU
Sumber: www.youtube.com

UKM bukan hanya kegiatan tentang seni atau olahraga saja, tapi juga tentang banyak hal yang bisa dipelajari. Salah satu UKM unik yang bisa dijadikan tempat belajar adalah UKM Studi Pedesaan USU.

Nah, UKM yang satu ini cukup unik lho karena anggotanya diajak untuk mempelajari lebih dalam tentang pengembangan desa, termasuk tentang pertanian dan perkebunana di desa. UKM ini sering mengadakan kunjungan ke desa-desa sekitarnya untuk belajar secara langsung lho! Wah seru banget nih belajar sambil menghirup udara segar pedesaan!

5. Soedirman eSports Universitas Soedirman

Soedirman-eSports
Sumber: suarabanyumas.com

Nah, kalau UKM yang satu ini sangat cocok buat para penggemar esport yaa! UKM unik yang satu ini ada di Universitas Soederman (Usoed) dan diberi nama Soedierman eSports.

Pastinya kebayang dong kegiatan apa saja yang dilakukan para anggotanya. Tentunya mereka berlatih bermain eSport.

Biasanya pihak pengurus UKM ini akan berkerjasama dengan BEM Kampus untuk melakukan perlombaan esport di kampus mereka. Wah peminatnya ternyata banyak sekali lho!

Nah, selain UKM tari, fotografi, basket, sepak bola, paduan suara, dan lain sebagainya ternyata ada juga UKM lainya yang unik ya! Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) unik yang tersebar di berbagai kampus Indonesia. Bagaimana? Kalau kamu menjadi salah satu mahasiswa di kampus itu pasti kamu akan bergabung di UKM uniknya, bukan?

Related post

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Kebanggaan Orang Tua

Menjadi mahasiwa tentunya merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu bagi murid-murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru lulus sekolah. Setelah menjadi mahasiswa akan…
Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Tingkatkan Keamanan Kos Anda Dengan Tips Berikut

Keamanan merupakan suatu hal yang wajib dalam mencari kos,tentunya kita tidak mau jika kita mempunyai kamar kos yang kurang keamanan sehingga…
Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Anak Rantau Harus Hidup Sederhana? Ini Dia Alasannya!

Anak rantau tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat. Fase ini adalah fase latihan untuk menjadi…

Leave a Reply